11/08/2011

Tumbuhan Berkayu (Wood)

   Dalam pembahasan akan dibatasi pada tumbuhan berkayu dari jenis yang diperdagangkan. Dan selanjutnya akan digunakan istilah wood untuk menyatakan tumbuhan berkayu. Dari segi penggunaannya, wood dibagi dalam 2 golongan besar yaitu :
  • Kayu daun lebar (hardwood)
  • Kayu daun jarum (softwood)
   Kayu daun lebar atau sering disebut "kayu daun" adalah  jenis kayu yang dihasilkan dari pohon berdaun lebar, umumnya menggugurkan daun pada musim kemarau. Dalam sistimatika tumbuhan, kayu daun tergolongon dalam klas Dicotyledon.
    Kayu daun jarum, sering disebut "kayu jarum" adalah jenis kayu yang berasal dari pohon berdaun jarum (daunnya berbentuk jarum). Jenis pohon ini selalu hijau sepanjang tahun (every green) dan tidak menggugurkan daun. Dalam sistematika tumbuhan, jenis ini tergolong dalam ordo coniferales.

   Ciri khas yang membedakan kedua kayu tersebut adalah koposisi selnya, pada kayu daun terdapat sel pembuluh (Vessel) sedangkan pada kayu jarum tidak ada.Pada penampang melintang kayu daun, sel pembuluh tampak sebagai pori-pori. Hal tersebut dapat kita lihat dengan bantuan kaca pembesar, pada jenis kayu tertentu pori-pori dapat dilhat dengan pengelihatan langsung. Karena terdapat pori-pori kayu daun sering disebut kayu "porous" dan kayu jarum disebut kayu "non porous".

    Perbedaan lain dari kedua jenis kayu tersebut adalah kayu daun tersusun oleh sel-sel serabut yang terdiri dari serabut trakeid dan serabut libriform (disamping sel-sel parenkim), sedangkan pada kayu jarum tersusun oleh sel-sel trakeid dan parenkim.

    Ketiga jenis dari sel penyusun kayu, yaitu serabut trakeid dan serabut libriform pada kayu daun serta trakeid pada kayu jarum disebut serat kayu. Serat kayu merupakan bagian terbesar dari volume kayu, rata-rata lebih dari 50% pada kayu daun dan + 90% pada kayu jarum.

   Secara umum, perbedaan kayu daun dan kayu jarum adalah sebagai berikut :
  • Kayu daun mempunyai sel pembuluh dan tampak sebagai pori-pori
  • Elemen penyusun kayu daun lebih komplek dari pada kayu jarum
  • Susunan sel kayu daun letaknya tidak teratur






No comments:

Post a Comment